Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 13 November 2011

Sehat Setiap Saat? Lakukan 8 Hal Ini!

Twinklestar community - Menjadi hal yang sedikit menakutkan ketika berpikir tentang bagaimana seharusnya kita meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Anda tahu bahwa Anda harus makan lebih baik, tapi bagaimana? Dan hal lainnya, selain berdiet, Anda juga perlu meningkatkan kesehatan Anda saat ini, di hari ini. Bagaimana melakukannya? Berikut adalah daftar kompilasi dari beberapa hal yang dapat Anda lakukan mulai hari ini tanpa perlu merogoh kocek Anda terlalu dalam.



1. Berhenti Merokok
Hal satu ini mungkin menjadi tantangan terberat bagi para perokok. Meskipun fakta menunjukkan 8 orang mati setiap detik di dunia karena rokok meskipun di lain pihak 10.000 batang rokok terjual di seluruh dunia setiap menitnya. Namun satu hal yang pasti, jika Anda berhenti merokok hari ini, Anda akan merasakan kondisi kesehatan yang lebih baik hanya dalam seminggu. Resiko kesehatan yang terkait dengan merokok sudah terkenal dan telah didokumentasikan. Yang perlu digarisbawahi: rokok dapat dan mungkin akan membunuh Anda. Apa yang lebih sehat daripada tidak jadi mati?


 2. Mulai Makan Buah Dan Sayuran Segar
Kebanyakan wanita dewasa disarankan mengkonsumsi sekitar 5 porsi buah dan sayuran setiap hari, tetapi kebanyakan dari kita hanya mengkonsumsi dua porsi... mungkin tiga. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan Anda hari ini adalah dengan mengambil sebuah apel atau segenggam wortel dan mulai mengunyah! Jika Anda bukan penggemar buah, maka mulailah dengan memasukkan jus buah dalam menu harian Anda atau dengan melakukan berbagai percobaan sampai Anda menemukan buah atau sayuran yang Anda sukai!

3. Mengkonsumsi Biji-Bijian
Seiring dengan menambahkan lebih banyak buah segar dan sayuran ke dalam diet Anda, Anda juga membutuhkan serat. Semua hal yang meningkatkan kesehatan itu terkandung di dalam biji-bijian. Gunakan selai kacang untuk hiasan roti Anda. Jika Anda cukup berani, gantilah sereal sarapan Anda dengan gandum.

4. Bergerak!
Kita semua tahu bahwa kita seharusnya aktif bergerak. Namun di akhir hari yang panjang, sofa empuk dan berdiam di depan TV sepertinya jauh lebih menarik daripada treadmill. Mulai bergerak memang berat untuk diawali, dan kondisi badan juga sudah lelah, tapi sesungguhnya bergerak merupakan satu hal yang dapat Anda lakukan unrtuk meningkatkan kesehatan Anda hari ini! Setelah makan malam, selesaikan cucian piring kotor lalu luangkan waktu untuk jalan cepat sesaat. Anda akan merasa segar, enerjik, dan akan tidur lebih nyenyak! 


5. Perhatikan Kesehatan Seksual Anda
Ketika Anda mulai mengalami haid, terutama ketika Anda mulai aktif secara seksual, saatnya untuk menemui ginekolog untuk pemeriksaan panggul setiap tahun dan melakukan pap smear setiap dua tahun sekali. Dan juga jangan takut untuk mengajukan pertanyaan. Kesehatan seksual dan kesejahteraan Anda berada di tangan Anda sepenuhnya, dan Anda tidak perlu merasa malu. Percayalah, apapun pertanyaan yang Anda ajukan tidaklah aneh dan dokter pun akan menganggap hal itu biasa.

6. Jangan Stres
Sepadat apapun jadwal Anda, jangan pernah lewatkan waktu tidur, makan secara teratur dan berolahraga. Ketiga hal ini dapat membantu Anda memerangi efek negatif dari stres. Mulai berkata “tidak” ketika Anda merasa kelebihan beban pekerjaan. Sudah waktunya untuk mengurangi sedikit stres.

7. Kenakan Krim Tabir Surya
Resiko kanker kulit meningkat secara dramatis dengan setiap terik matahari yang terkena langsung pada kulit Anda. Tingkatkan kesehatan Anda hari ini dengan mengurangi resiko dan gunakanlah tabir surya. Mendapatkan kulit yang terbakar sinar matahari tanpa perlindungan tidak sepadan dengan resikonya.


8. Minum Air Putih Atau Susu
Selama masa kanak-kanak dan dewasa muda, tubuh kita sibuk menyimpan kalsium dan nutrisi lain yang kita perlukan untuk tulang yang sehat dan kuat, kesuburan, dan kulit yang indah. Memasuki usia 20-an, penyimpanan kalsium itu berhenti. Jadi pastikan untuk minum susu (atau minuman lainnya yang kaya kalsium) untuk mendapatkan tulang yang lebih sehat hari ini dan nanti! Tidak kalah pentingnya untuk minum air putih agar kelembaban kulit Anda tetap terjaga. Selain membuat kulit Anda lebih cantik, air putih juga baik untuk sistem pencernaan dan ginjal.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Post